Selasa, 17 Juli 2012

Terjangkung Dan Terpendek Di Lapangan Hijau


Inilah daftar pemain paling pendek dan paling jangkung di lapangan hijau. Siapa sajakah mereka?
Menurut data, menemukan yang jangkung-jangkung lebih mudah karena ada banyak sekali pemain yang ternyata memiliki tinggi di atas 2 meter. Yang paling tinggi yang ada di catatan adalah 2 meter 8 centi. Ia adalah Kristof van Hout, seorang penjaga gawang dari Standard Liege, Belgia.
Lihat saja gambar di atas. Tinggi badannya van Hout saja jauh melebihi tinggi pemain lawan. Tentu buat dia relatif tidak kesulitan untuk menutup bola-bola atas. Entah kalau bola-bola bawah. Sebab pemain bola yang jangkung biasanya tidak lincah. Kalah dari mereka bertubuh pendek.

Untuk nomor dua tertinggi ternyata ada lima pemain sekaligus. Nama mereka berikut tinggi dan nama klub adalah:
FW – Yang Changpeng – 2,05m – Three Gorges Kangtian (China)
GK – Vanja Iveša – 2,05m – Eskişehirspor (Turki)
FW – Vitali Shuhanau – 2,05m – Nõmme Kalju (Estonia)
GK – Nikola Drkusič – 2,05m – Krka (Slovenia)
Di bawah mereka mungkin ada sekitar 10-15 pemain yang memiliki tinggi di atas 2 meter. Jadi ternyata ada banyak sekali pemain bola profesional yang jangkung.
Untuk daftar pemain profesional yang pendek lebih sulit. Ada 2 nama. Satu adalah Jafal Rashed dari klub Al Sahd Qatar yang setinggi 1,55m. Ada juga yang menyebutkan pemain terpendek yang main untuk liga profesional adalah Élton Jose Xavier Gomes yang tingginya hanya 1,58m. Elton pernah main di Corinthians, Steaua Bucharest dan Al Nasr, seperti dibahas oleh thebesteleven.com.
Lihat saja foto salah satu pemain terpendek dunia sedang beraksi. Dia adalah Diego Buonanotte dari klub River Plate (Argentina). Tingginya hanya 1,61m. Kelihatan cebol kan di antara para pemain lawan yang berusaha merebut bolanya? Lebih mirip anak-anak bertanding lawan orang dewasa.

Kalau pendek kenapa klub-klub besar masih mau ambil sih? Eits, jangan salah. Lionel Messi tingginya hanya 1,69m. Maradona, legenda bola dari tahun 1980-1990-an itu tingginya hanya 1,65m. Pemain berukuran pendek memiliki keuntungan dari rendahnya daya tarik gravitasi. Mereka lebih mudah berbelok, meliuk, menghindari, dan berakselerasi.
Kebanyakan pemain berukuran pendek memang memiliki gaya bermain yang serupa. Mengandalkan kecepatan dan kelincahan, mereka berhasil mengelabui lawan. Lihat sajalah Lional Messi yang terpilih sebagai pemain terbaik dunia tiga tahun berurutan. Atau Maradona yang pada salah satu partai vs Inggris di Piala Dunia berhasil berkelit melewati lima pemain Inggris untuk kemudian mencetak gol setelah memperdaya penjaga gawang.
Jadi buat kamu yang tingginya tidak sampai 1,70m, jangan kuatir. Kamu memang tidak akan unggul pada duel-duel bola atas, makanya jangan main umpan-umpan panjang atau crossing dari sudut lapangan. Main saja tiki-taka seperti Messi dan kawan-kawan di Barcelona. Sebaliknya untuk kamu yang tinggi besar seperti raksasa, jangan main sebagai penyerang atau gelandang karena akan kalah lincah. Mainlah sebagai penjaga gawang atau pemain belakang untuk mencegat bola-bola atas.
Sumber:  http://gilabola.com/terpendek-dan-terjangkung-di-lapangan-hijau-siapa-mereka/

0 komentar:

Posting Komentar

About

Gambar tema oleh andynwt. Diberdayakan oleh Blogger.
 

© ............., All Rights Reserved
Design by Dzignine and Conceptual photography